Selasa, 24 Mei 2016

ip address, pidng, sharing and send file, lanchat





 -DOKUMENTASI IP ADDRESS
        -MENGETEST PING
  -SHARING AND SEND FILE
  -NGOBROL DI LAN CHAT

NAMA: MUHAMMAD.AREZA
KELAS: X TKJ A

SMK NEGERI 2 BANJARMASIN







IP ADDRESS

Berikut ini akan dijelaskan cara menjalankan Ip Address, 1.pertama-tama kita tekan control panel seperti gambar dibawah ini. Lalu tekan OK


2. Setelah menekan ok, lalu akan muncul tampilan gambar seperti ini

3. Setelah muncul tampilan seperti ini, klik Network and Internet.



Lalu muncul tampilan seperti dibawah ini, setelah itu klik Network and Sharing Center.


4. Klik change adapter setting, untuk menuju ke network connections.



5. Setelah mengklik change adapter setting, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Lalu klik kanan pada Ethernet pilih dan klik Properties.



6. Maka akan muncul tampilan Ethernet Properties setelah itu klik dua kali pada Internet Protocol Version 4(TCP/Ipv4).




7. Setelah itu klik Use the following IP Address



8. Setelah mengklik Use The Following IP Address, kita bisa menulis IP address milik sendiri, kalau saya seperti yang ada pada gambar di bawah dan secara otomatis kolom pada Subnet Mask terisi sendiri.




9. Dan selanjutnya membuka CMD dan mengetest PING melalui CMD yang terhubung pada kabel UTP yang saling berhubungan antara komputer A dan B .

Pertama seperti klik Run dan ketik cmd



10. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini



11. Lalu setelah itu untuk mengetahui apakah komputer A dan komputer B sudah terconnect ketik “ping 192.168.1.- terserah mau ujungnya berapa, kalo punya saya 2”.


Dan jika sudah terhubung maka akan nampak seperti  gambar dibawah ini.
 

12. Setelah itu kita akan SAHRING AND SEND FILE kepada teman kita.

Doubel klik pada mouse dan pilih new setelah itu folder, disini kita akan membuat folder baru .

.

 

13. Seperti inilah folder baru saya , dan saya akan membagikan folder yang berisi file yang baru saya buat, yang akan saya bagikan kepada teman saya. Klik kanan pada folder yang kita buat tadi lalu pilih properties, pilih sharing yang terdapat diatas, lalu tekan share. Seperti gambar dibawah ini



14. Dan setelah itu klik ok, dan akan nampak tampilan file sharing lalu pilih everyone seperti gambar dibawah ini.


15. Jika sudah memilih everyone lalu klik add dan tekan share.



16. Dan sudah terbagi, kita dapat melihat di network. Seperti gambar dibawah ini , folder saya Areza dan folder teman saya hafizi. Saya akan mencoba melihat file yang terdapat di folder hafizi



17. Dan saya klik folder hafizi dan tampak terdapat file yang sudah dibagikannya kepada saya yaitu fototugas dan users





18. Selanjutnya saya akan mecoba ngobrol di Lan Chat dengan hafizi . jika sudah mempunyai aplikasi Lan Chat tinggal masuk saja, tetapi jika belum, lebih baik download dulu. Tetapi kalo saya sudah mempunyai app Lan Chat yang dibagikan Hafizi di foldernya tadi, jadi tinggal di instal. Dan ini adalah hasil screen ngobrol kami dari Lan Chat.


Dan itulah hasil dokumentasi mengenai implementasi Ip Address, test Ping, Sharing and send file, dan ngobrol di LAN chat.

Jika ada kekurangan, atau salah dalam pemberian petunjuk tutorial ini, saya mohon maaf sebesarnya. Wassallam’muallaikum...!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar